Tuesday, February 21, 2017

pengertian web server

|


Web Server

 Pengertian Web Server adalah Sebuah Server yang Melayani atau Menerima permintaan dari Client dalam bentuk HTTP atau HTTPS (melalui Browser) yang kemudian memberikan Umpan atau Balasan berupa Dokumen HTML (biasa disebut Halaman Website). Web Server memiliki alamat IP dan nama Domain sendiri. Salah satu software web server yang tersedia adalah Apache, tapi selain itu masih banyak lagi web server lainnya seperti ISS, Xitami, dll

FUNGSI

Fungsi Web Server adalah untuk mentransfer berkas atas permintaan client melalui protokol komunikasi yang sudah disetujui. Bukan hanya teks yang bisa kita transfer, bisa juga mencakup mencakup gambar, video dan media lainnya.
Web Server sudah didukung berbagai Pustaka Bahasa Pemrograman lainnya seperti PHP, ASP. Yang memungkinkan Web Server menyediakan layanan website yang dinamis.

jenis webserver diantaranya :

Jenis Jenis Web Server
  • Apache Tomcat
  • Microsoft windows Server 2003 Internet Information Services (IIS)
  • Lighttpd
  • Sun Java System Web Server
  • Xitami Web Server
  • Zeus Web Server
a)      Port: merupakan sebuah gerbang atau gateway yang digunakan sebagai jalur koneksi atau komunikasi untruk berbagai keperluan seperti transfer data,
Ada 2 jenis port
1.      Port Fisik
Port fisik merupakan sebuah socket atau slot pada hardware computer yang digunakan sebagai penghubung peralatan seperti input dan output device baik itu mouse, keyboard,printer dan perangkat hardware lainnya.
2.      Port Logika
Port logika ( non fisik ) merupakan port yang digunakan oleh aplikasi sebagai sebuah jalur untuk melakukan koneksi dan komunikasi melalui TCP/IP seperti koneksi untuk internet.
Contoh port yang umum digunakan
-          Port 21 port ini digunakan sebagai server FTP yang digunakan oleh file transfer protocol. Ketika seseorang mengakses FTP server, maka ftp client secara default akan melakukan koneksi melalui port 21.
-          Port 22 SSH (secure shell), port ini adalah port standar untuk SSH, biasanya dibuat oleh pengelola server untuk alasan keamanan.
-          Port 23 telnet server. Jika anda menjalankan server telnet maka port ini digunakan client telnet untuk hubunagn dengan server telnet.
-          Port 25 SMTP, simple mail transfer protocol, atau port server mail, merupakan port standar yang digunakan dalam komunikasi pengiriman email antara sesame SMPT sever.
-          Port 53 DNS atau domain name server port. Name server menggunakan port ini, dan menjawab pertayaan terkait dengan penerjemah nama domain ke IP Address.
-          Port 68 ( UDP) – BOOTP, atau DHCP port yang digunakan oleh client
-          Port 69 TFTP, Trivial File Transfer Protocol untuk transfer file antar komputer yang sama maupun berbeda jaringan.
-          Port 79 port Finger, digunakan untuk memberikan informasi tentang system, dan login pengguna.
Port 80 WWW atau HTTP port server web. Port paling umum digunakan di internet.
-          Port 81 port web server alternatif, ketika port 80 diblok maka 81 dapat digunakn sebagai port alternatif untuk web linuxconf port.
-          Port 98 port administratasi akses web linuxconf port.
-          Port 110 POP3 port, alias post office protocol, port server pop mail. Apabila ada mengambil email yang tersimpan di server menggunakan teknologi POP3 yang berjalan di port ini.

Nginx :      adalah server HTTP dan Proxy dengan kode sumber terbuka yang bisa juga      berfungsi sebagai proxy IMAP/POP3

SMTP ini singkatan dengan kepanjangan Simple Mail Transfer Protocol. Dengan pengertian singkat SMTP adalah protokol yang mengatur pengiriman email dari pengirim (Ongoing).
Cara kerja SMTP ini sama dengan Kantor Pos, tempat dimana kita menitipkan surat kita agar dikirimkan kepada penerima yang tertera di surat tersebut.
Terdapat pada port berapa SMTP? SMTP terdapat pada port 25.

POP3 ini singkatan dari kepanjangan Post Office Protocol ver.3 dan IMAP ini singkatan dari kepanjangan Internet Message Access Protocol. Dengan pengertian singkat POP3/IMAP adalah protokol yang mengatur penerimaan email kepada penerima (Ingoing).
Cara kerja POP3 dan IMAP sama dengan kurir yang mengantarkan surat, tugasnya menyampaikan surat yang sebelumnya sudah dititipkan di Kantor Pos (SMTP) kepada penerima surat.
Terdapat pada port berapa POP3? POP3 terdapat pada port 110.
Terdapat pada port berapa IMAP? IMAP terdapat pada port 143
.

Cara kerja dari web server :

1.      Cara kerja dari Web Server merupakan salah satu mesin yang dimana tempat software atau aplikasi beroperasi dalam mendistribusikan web page ke user/pengguna, ini bisa ditentukan pada permintaan user.
2.      Menghubungkan antara Web Server dan Web Browser Internet dan ini merupakan gabungan dari jaringan Komputer yang ada di seluruh dunia. Setelah semuanya terhubung secara fisik, Protocol TCP , IP atau networking protocol yang memungkinkan semua komputer di dunia dapat berkomunikasi satu sama lainnya.
Ketika browser meminta data web page kepada server maka instruksi dari permintaan data browser tersebut akan di kemas di dalam TCP yang merupakan satu protocol transport kemudian dikirim ke alamat, dalam hal ini adalah protocol berikutnya yaitu HTTP atau Hyper Text Transfer Protocol yang sudah kita kenal. HTTP ini merupakan sebuah protocol yang akan digunakan dalam WWW (World Wide Web) antar komputer yang saling terhubung dalam jaringan internet di dunia ini.
Untuk dapat mengenal protocol anda bisa mengetik http://, dan seketika itu anda akan di bawa ke jaringan internet seluruh dunis.
Data yang di passing dari browser ke Web server biasanya disebut HTTP request yang akan meminta web page dan kemudian web server akan mencarikan data HTML yang ada dan akan di kemas dalam bentuk TCP protocol kemudian di kirim kembali ke browser dan data yang dikirim dari mulai server ke browser disebut HTTP response. dan bila data yang diminta oleh web browser tidak ditemukan Web server maka akan menimbulkan error yang biasanya kita sebut dengan halaman error 404 atau Page Not Found.

Kegunaan  : untuk melakukan atau akan mentransfer berkas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan sedemikian rupa. halaman web yang diminta terdiri dari berkas teks, video, gambar, file dan banyak lagi.
Kelebihan
  1. Open Source
  2. Proses instalasinya mudah
  3. Mudah untuk dikustomisasi (Apache hanya punya 4 file konfigurasi) ataupun menambah
  4. peripheral dalam web servernya
  5.  Bisa digunakan di berbagai platform mesin dari mainframe sampai embedded system
  6. Ada komunitas yang besar sehingga mudah mencari solusinya jika ditemukan masalah
  7. Mudah dicari di internet.
  8. Server Apache otomatis berkomunikasi dengan clientnya untuk mendapatkan tampilan web
  9. terbaik
  10. Keamanannya bagus dan bisa menggunakan SSL (Secure Socket Layer)
kekurangan
  1. Tidak bisa mengatur load seperti IIS sehingga akan terus memfork proses baru sampai dalam batas yang diijinkan OS. Akan memudahkan penyerang karena RAM akan cepat habis
  2. Mudah diserang oleh DoS (pada Apache versi 1.3 dan versi 2 sampai versi 2.0.36)
  3. Apache tidak memproses karakter kutip dalam string Referrer dan User-Agent yang
  4. dikirimkan oleh Client. Ini berarti Client dapat memformulasi inputnya secara hati-hati untuk
  5. merusak format baris log akses
Kesimpulan
pengguna internet atau user dapat dengan mudah membaca dari dokumen ke dokumen yang lainnya hanya dengan cara klik beberapa bagian dari beberapa halaman dokumen web tersebut. Proses yang dimulai dari permintaan web client atau browser, akan diterima oleh web server, selanjutnya diproses, dan kemudian dikembalikan hasil proses tadi oleh web server kepada web client lagi hal ini dilakukan secara cepat sekali dan transparan. Secara garis besar web server hanya akan memproses semua permintaan yang diperolehnya dari web client. namun tentunya dengan kecepatan yang sangat tinggi hingga kita tidak tahu bagaimana proses sebenarnya terjadi


0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2010 IFAN17

Template N2y Shadow By Nano Yulianto